1.31.2013

Cara Desain dan Mencetak Stiker Buatan Sendiri

Contoh desain stiker buatan saya.
Selamat malam sob, ketemu lagi nih sama admin Berbagi Informasi Yuk!, ya dengan saya sendiri, Angga Kurniawan tentunya, hehe. Kali ini saya ingin membagikan sedikit tips ringan mengenai cara membuat desain stiker kita sendiri kemudian mencetakknya dengan harga yang murah tentunya. Yah, setelah sekian lama saya vakum dari dunia blog sharing informasi satu ini, dikarenakan kesibukan saya yang luar biasa di dalam kampus, karena saya juga sedang mencoba menempatkan diri saya sebagai mahasiswa bukan kupu-kupu (kuliah terus pulang) dengan aktif dalam ORMAWA di lingkungan kampus saya.

Oke, tak usah berlama-lama lagi langsung saja monggo disimak cara untuk desain dan cetak stiker buatan kita sendiri.

Pertama, sebelum kita mendesain dan mencetak sebuah/beberapa stiker buatan kita sendiri, tentunya langkah yang diharuskan untuk pertama kali adalah "menghadirkan ide". Karena ketika ide sudah ada itu akan lebih memudahkan kita untuk mendesain sebuah stiker karya kita sendiri. Jadi langkah pertama adalah "Mencari ide untuk desain", oke anggap saja ide sudah berhasil kita hadirkan. Kita lanjut kelangkah selanjutnya.

Kedua, setelah ide sudah ada dan di konsep (kerangka) maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan dan memilih tools apa saja yang  dapat memudahkan pekerjaan kita dalam mendesain. Dalam hal ini ada beberapa tools yang sering saya gunakan dan gabungkan untuk mencapai desain yang maksimal, entah itu hanya editing foto, desain banner atau desain stiker. Oke, saya akan bagikan tools - tools yang sering saya pakai dalam hal desain dan editing foto atau stiker.

  1. Corel Draw
  2. Photoshop
  3. Tools Editing Online (Befunky.com,FunPhotoBox.com,Funny.pho.to,dll)
  4. Kamera dan Laptop
Kenapa saya meletakkan CorelDraw di tempat pertama karena saya terbisa memakai corel draw ketimbang photoshop, akan tetapi ada beberapa hal yang saya tidak mampu lakukan dengan corel draw saja, seperti tracing warna, mengubah format menjadi .PNG untuk digabungkan dan lainnya. Nah untuk tools editing online yang saya sarankan diatas merupakan tools-tools instan yang mungkin dapat membantu anda untuk memilih desain yang terbagus secara cepat tanpa perlu repot desain sana sini.

Tools Desain Stiker, Foto, dll.


Saran saya, sebaiknya anda memilih tools sesuai dengan kebutuhan desain anda saja, kalau hanya untuk desain stiker saya sarankan anda untuk memakai Corel Draw dalam proses pembuatannya karena software tersebut di peruntukkan untuk designing yang sifatnya editing garis,grafis/vektor. Tapi apabila anda ingin menjadikan foto / desain anda kartun atau sesuatu yang berlebih maka gabungkanlah tools nomor 1 sampai 3 untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, bagaimana apa sudah ada gambaran dalam mengkonsep dan memilih tools desain ? Kalau jawaban anda sudah, maka langkah selanjutnya anda tinggal mengkreasikan sendiri bagaimana desain stiker yang nantinya ingin anda buat dan cetak. Untuk cara dan tips - tips bagaimana mendesainnya saya rasa belum bisa saya bagikan di artikel saya kali ini, tapi saya janji akan share pada sobat milanello dan Berbagi Informasi Yuk ! secepatnya. Kali ini akan saya berikan beberapa website rujukan saja untuk belajar mengenai teknik-teknik desain dan lain sebagainnya.

  • Ahlidesain.com,aziscs1.com,desaingrafis.com
Nah, mungkin tiga situs rujukan itu sudah cukup untuk sekedar belajar dasar-dasar bagaimana Cara mendesain stiker atau editing foto dan lainnya.

Langkah terkahir, setelah anda berhasil mendesain sesuai dengan yang di inginkan, maka saya sarankan untuk membawanya ke percetakan terdekat di daerah anda atau dengan mencetak sendiri di rumah anda masing-masing dengan printer anda sendiri,karena untuk kertas Bontax saya rasa printer biasa sudah cukup untuk menghasilkan stiker yang memuaskan, untuk harga stiker dengan ukuran A3 kertas Bontax anda dapat membelinya di toko percetakan seharga Rp. 3000,- per/lembar tapi dengan kualitas yang minim karena menurut saya kualitas kertas Bontax kalah dengan kualitas kertas Vinyl Susu yang harga per/127cmnya sekitar Rp. 80.000,- tapi dengan kualitas yang memang super. Bagaimana, sudah dapat informasi menarik kan dari artikel saya kali ini? Yah, semoga saja apa yang saya posting kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, nanti dilain postingan akan saya bagikan Tips dalam desain dan editing foto. Oke, sekian dulu ya sob. Sekali lagi semoga bermanfaat. Terima kasih :)


Ditulis oleh Angga judul yang diriview - isi artikel rating 5
Share on :
Bookmark and Share
| 1.31.2013 | 9 komentar

Ditulis Oleh : Unknown Berbagi Informasi Yuk ! | Catatan Angga

Artikel Cara Desain dan Mencetak Stiker Buatan Sendiri ini diposting oleh Unknown pada tanggal 1.31.2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

9 komentar:

Admin Aditmadzs - ᴰᴶAdityA mengatakan... Balas

Thanks Sob Hehhee ... Nice Post

My Jobseeker mengatakan... Balas


mantap gan, commant back ia gan n follownya jgn lupa gan utk mempererat pertemanan.

Menghilangkan Bau Mulut mengatakan... Balas

wah ini bagus sekali untuk usaha apalagi tentang desain stiker danlam mencetak stiker lagi hehehehe

Pesta ulang tahun mengatakan... Balas

thanks infonya :)

Unknown mengatakan... Balas

@Admin Aditmadzs - ᴰᴶAdityA Sama-sama mas, thx juga buat visitnya :)

Unknown mengatakan... Balas

@Rizky Adi PranataSiap gan ! :) Thx for the visit.

Unknown mengatakan... Balas

@Menghilangkan Bau MulutHehe semoga memberi manfaat :) Thx for the visit.

Unknown mengatakan... Balas

@Pesta ulang tahunSama-sama mas, semoga manfaat :)

Obat Tradisional Radang Ginjal mengatakan... Balas

makasih banyak buat infonya sangat bermanfaat,, nice post

http://toko-greenworld.com/

Posting Komentar

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog saya ini. Silahkan anda berkomentar ditempat yang sudah di sediakan di bawah.

Kritik anda sepedas apapun pasti akan saya terima, karena itu yang menjadikan saya lebih kuat nantinya . Thanks ! :D