10.27.2012

Sintaks Dasar Pada CSS3

Sintaks Dasar Pada CSS3 - Akhirnya, kata itulah yang mungkin muncul ketika saya mendapatkan inspirasi setelah sekian lama (2 bulanan) nggak posting sama sekali, yah mungkin ini juga menjadi berkah bagi saya dikarenakan saya sekarang mempunyai kesibukan baru di kampus dengan pelantikan diri saya menjadi anggota BEM - U (Badan Eksekutif Mahasiswa - Universitas) namun hal ini juga menjadi momok bagi alexa blog saya yang makin hari gak keurus makin gemuk aja haha. Yah, Sintaks Dasar Pada CSS3 itulah topik yang mungkin akan sedikit saya share ketika hal yang baru saya pelajari ini mampu membuahkan sebuah ide untuk mengisi weekend saya ini.

berbagi informasi css
CSS3 TYPOGRAFI by @doktersakit
Pengertian CSS3 - CSS3 (Cascading Style Sheets) Pasti semua orang yang gemar utak atik tampilan web atau blognya sudah mengerti dan paham apa itu CSS3 yah mungkin sedikit saya share lagi bahwa CSS3 merupakan bahasa style web yang sekarang sedang populer dipakai pada berbagai aplikasi web. CSS sendiri dibuat untuk membuat style pada web agar lebih variatif dan mudah digunakan.


Nah, sebelum sobat menjelajah terlalu dalam fitur-fitur baru CSS3 pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi apa saja sih sintaks/perintah dasar dari CSS3 itu sendiri. Oke, langsung saja monggo disimak semoga bermanfaat.

Penulisan CSS dibagi menjadi tiga bagian: Selector, Property, dan Value.

Selector bisa diisi oleh:
  •     HTML Markup: p, a, div, table, dan lain-lain
  •     Class, ditandai dengan tanda titik sebelum nama kelas: .first, .section, dll
  •     ID, ditandai dengan tanda pagar sebelum nama ID: #first, #section, dll
  •    Pseudo-Class, ditandai dengan tanda titik dua sebelum nama kelas, terdiri dari :active, :hover, :focus, dll
perintah dasar css3
Sintaks Dasar CSS3
Pertama, kita perlu menentukan elemen HTML apa yang akan diberi style CSS, dalam gambar saya diatas saya mencontohkan kasus h1. Kedua, dalam penulisan sintaks CSS tambahkan tanda kurung pembuka dan penutup kurawal {}. Berikutnya, didalam kurung kurawal kita letakkan property yang akan kita terapkan pada elemen h1, dalam kasus ini property color dengan value(nilai) #333(abu-abu). Artinya teks yang berada di tag h1 akan berwarna abu-abu semua. Terakhir berikan tanda titik koma (;) untuk mengakhiri perintah CSS.

Kita juga dapat memberikan beberapa property sekaligus untuk satu elemen HTML.
belajar css3 itu mudah
Sintaks Dasar CSS3
Seperti yang sobat lihat pada contoh gambar saya diatas gambar tersebut menunjukan kalau kita dimungkinkan untuk memberikan beberapa property dan nilai sekaligus.

Hmm, menurut saya cukup panjang dan terlalu lebar haha saya menjelaskan SINTAKS/PERINTAH DASAR PADA CSS3 ini. Jadi demikianlah penjelasan yang agak panjang dan sedikit lebar dari saya tentang CSS3 semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, amin. Sampai ketemu di kesempatan yang lain yah sob. Salam Pemuda Indonesia lan Suwon Sing Katah!



Ditulis oleh Angga judul yang diriview - isi artikel rating 5
Share on :
Bookmark and Share
| 10.27.2012 | 4 komentar

Ditulis Oleh : Unknown Berbagi Informasi Yuk ! | Catatan Angga

Artikel Sintaks Dasar Pada CSS3 ini diposting oleh Unknown pada tanggal 10.27.2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

4 komentar:

Unknown mengatakan... Balas

Thank's

Moko mengatakan... Balas

matur nuwun inpone

Unknown mengatakan... Balas

@USEP SURATMANYou're welcome :)

Unknown mengatakan... Balas

@MokoSami-sami mas, mugi-mugi maringi manfaat :)

Posting Komentar

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog saya ini. Silahkan anda berkomentar ditempat yang sudah di sediakan di bawah.

Kritik anda sepedas apapun pasti akan saya terima, karena itu yang menjadikan saya lebih kuat nantinya . Thanks ! :D